MA SMKN 1 Bancak

MA SMKN 1 Bancak

Sejarah MikroTik Academy SMK Negeri 1 Bancak


Dalam rangka mempersiapkan lulusan TKJ yang siap dan mandiri bekerja di bidang network engineer dalam menghadapi era MEA dan Global. Kami selaku penanggungjawab jurusan TKJ SMK Negeri 1 Bancak merasa perlu membekali siswa - siswi TKJ SMK Negeri 1 Bancak dengan salah satu sertifikat internasional dalam bidang Networking.

Perjalanan menjadi salah satu MikroTik Academy ternyata tidak mudah. Berawal dari diskusi sesama guru TKJ yang sudah menjadi Mikrotik Academy. Awalnya hanya sekedar pingin upgrade kemampuan jaringan, malah di motivasi kenapa tidak menjadi trainner sekalian, yang nantinya bisa menjadi MikroTik Academy. Akhirnya kami ikut pelatihan yang diadakan di MikroTik Academy SMKN 1 Kaliwungu dengan trainner Mr. Bobby yang diadakan tanggal 11 - 16 April 2016. kami belum berhasil dalam pelaksanaan exam advance. seperti pepatah keberhasilah yang tertunda. lanjut kemudian ikut exam di IDN Semarang tanggal 19 - 20 April 2016 dengan trainner Mr. Rofiq Fauzi, namun hasilnya sama kami belum berhasil pada exam advance nya, hanya mampu memperbaiki catatan nilainya.

suasana pelatihan


Peserta MikroTik Academy Preparation Kaliwungu


dengan Mr. Ziad Sobbri


Tanggal 28 sampai dengan 4 Agustus 2016, kami diberi kesempatan IDN (ID-Networkers) Jakarta dan pemiliknya Mas Dedy Gunawan, untuk mengikuti Mikrotik Academy preparation, saat itu kami dibimbing materi tentang Mikrotik, yaitu MTCNA dan MTCRE oleh salah satu Mikrotik Trainer IDN, sekaligus koordinator mikrotik termuda di Indonesia yaitu Mas Oky Tria Saputra.

Kami digembleng mulai dari jam 08 pagi sampai jam 24.00, untuk nge Lab (istilah konfigurasi mikrotik), peserta saat itu terdiri dari sekitar 26 guru yang terdiri dari segala penjuru Indonesia. kebetulan IDN sering mengadakan pelatihan Mikrotik ini kepada guru-guru, dan kami adalah angkatan yang kedelapan.
Peserta Trainning IDN Bath#8


suasana pelatihan


dan alhamdulillah, berkat bimbingan dari IDN kami lulus dan berhasil dari ujian Advance MikroTik Academy, dengan skor yang memuaskan. Maka dengan itu, salah satu syarat untuk mendirikan mikrotik academy sudah terpenuhi, dan tinggal proses pengurusan mikrotik academy ini, kami berharap mikrotik academy segera terwujud di SMK Negeri 1 Bancak, sehingga siswa-siswi jurusan TKJ SMK Negeri 1 Bancak bisa merasakan sertifikasi Mikrotik MTCNA tersebut.
Akhirnya terima kasih kami sampaikan kepada Mr. Ziad Sobbri, Mr. Rofiq Fauzi, Mr. Dedi Gunawan, Mr. Oky Tria Saputra atas bimbingannya, serta teman - teman semua baik yang ikut pelatihan di MikroTik Academy SMK Negeri 1 Kaliwungu, IDN Semarang, dan IDN Jakarta atas support dan sharingnya.


team MA SMKN 1 Bancak